Industri kreatif telah menjadi salah satu sektor yang paling menjanjikan di tanah air selama bertahun-tahun.
Pertumbuhan industri kreatif yang kuat saat ini menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia mampu berinovasi dan bersaing dengan negara lain.
Sehingga dapat dikatakan bahwa di era globalisasi yang juga mempengaruhi perekonomian dunia, kreativitas sangat dibutuhkan.
Namun apa yang dimaksud dengan industri kreatif dan bagaimana kebijakan pemerintah dibaliknya?
Industri kreatif
Pengertian industri kreatif adalah proses kreasi, kreativitas dan gagasan individu atau kelompok yang dapat menghasilkan karya dan menjadi produk komersial tanpa mengeksploitasi sumber daya alam.
Definisi lain menyebutkan bahwa ekonomi kreatif adalah industri yang menggunakan kreativitas, keterampilan, dan kemampuan untuk mencapai kekayaan dan menciptakan lapangan kerja.
Daya kreatif dan inventif manusia mampu menciptakan lebih banyak lapangan kerja, oleh karena itu industri ini harus dikembangkan menjadi salah satu pilar perekonomian Indonesia.
Sementara sektor lain sangat bergantung pada jumlah faktor produksi atau sumber daya alam dan manusia, sektor kreatif membutuhkan soft skill atau tenaga terampil, kreatif dan inovatif.
Tidak mengherankan jika industri kreatif yang biasanya dibangun oleh individu atau kelompok masyarakat yang cerdas dan kreatif mampu menciptakan karya dan produk yang otentik sesuai dengan permintaan pasar.
Meningkatnya jumlah penghobi di industri kreatif semakin meningkatkan persaingan di pasar.
Jika Anda ingin terlibat di area ini, Anda harus bereaksi secara sensitif terhadap perubahan dan mengamati perkembangan pasar.
Secara umum dapat dikatakan bahwa konsep ekonomi kreatif merupakan konsep bisnis inovatif yang menitikberatkan pada ide, gagasan dan kreatifitas sebagai pilar utama.
Baca juga: Industri Kreatif: Pengertian dan Beragam Jenisnya
Kebijakan Pemerintah dalam Kaitannya dengan Bidang Kreatif
Industri kreatif merupakan salah satu sumber perekonomian negara yang terus berkembang dan berperan besar dalam pengembangan lapangan kerja di masyarakat.
Pentingnya keberadaan industri kreatif mendorong pemerintah untuk mengeluarkan berbagai kebijakan dan membentuk lembaga untuk mengendalikannya.
Instansi resmi pemerintah yang mengawasi sektor kreatif Indonesia adalah Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.
Berikut beberapa langkah yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk memajukan sektor kreatif di Indonesia.
-
Mengatur dan mendukung kreativitas
Sudah menjadi tugas pemerintah untuk mengatur dan mendorong kreativitas anak negeri.
Salah satu caranya adalah memberikan perlindungan hak cipta kepada pencipta, inovator, dan pemasar.
Kreativitas merupakan barang ekonomi yang dapat diperdagangkan, sehingga diperlukan peraturan pemerintah untuk mendukung dan melindunginya.
Indonesia memiliki undang-undang yang mendukung kreativitas yaitu Undang-Undang Perlindungan Hak Cipta dan Hak Intelektual.
-
Yayasan Bekraf (lembaga industri kreatif).
Bekraf merupakan lembaga yang didirikan oleh Presiden, yang menjadi wadah kreativitas individu sebelum diwujudkan.
Keberadaan Bekraf mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dan melahirkan kreasi-kreasi baru.
Lembaga ini juga merupakan bagian dari kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian negara dengan menciptakan ide-ide baru.
-
Mendorong inovasi dan kreativitas
Ide-ide besar dan inovasi harus didukung oleh negara dengan memberikan modal untuk pelaksanaannya. Hal ini mendorong para pegiat bisnis berinovasi dengan kreativitas yang beragam untuk menghasilkan karya.
-
Mengumpulkan aset dan potensi
Salah satu tindakan pemerintah dalam industri kreatif adalah mengintegrasikan sumber daya dan peluang pengembangan kreativitas.
Memaksimalkan pengelolaan kekayaan dapat menjadi sumber modal bagi industri kreatif untuk memungkinkan masyarakat berkontribusi dalam kreativitas yang maksimal.
Contoh Industri Kreatif
Ekonomi kreatif adalah industri yang menghasilkan karya dan kemudian menyenangkan masyarakat dengannya.
Beberapa karya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah contoh industri kreatif tersebut, antara lain.
-
Penerbitan atau Percetakan
Penerbitan adalah contoh industri kreatif yang prosesnya melibatkan produksi teks dan gambar dalam skala besar.
Produk yang dihasilkan dari percetakan tidak hanya berupa buku, tetapi juga majalah, undangan, brosur dan lain-lain.
-
Youtuber dan TikToker
Youtuber atau TikTokers saat ini sedang banyak diminati dan sangat membutuhkan pekerjaan hampir di semua bidang industri kreatif.
Tugas pembuat konten adalah membuat materi konten yang berbeda dalam bentuk tulisan, gambar, suara, video atau kombinasi dari semuanya.
Untuk menghasilkan konten yang menarik, pembuat konten harus terus kreatif dan memiliki ide yang cerdas serta mengikuti tren.
-
Pembuatan Film
Membuat film adalah proses panjang mulai dari brainstorming, membuat cerita, menulis naskah, memilih aktor, syuting, mengedit, dan menyajikan kepada penonton.
Produk film adalah hasil dari ide dan kreativitas semua pihak yang terlibat dalam prosesnya masing-masing.
-
Selebriti
Instagram adalah salah satu media sosial yang memiliki dampak besar di seluruh dunia.
Keberadaan selebgram atau selebgram saat ini menjadi panutan masyarakat. Mereka tidak hanya mengunggah gambar atau video, tetapi juga mematuhi kontrak kerja atau gambar merek dagang mereka.
-
Peragaan Busana
Peragaan busana adalah kegiatan atau acara yang biasanya diselenggarakan oleh perancang busana untuk menampilkan karyanya kepada publik.
Proses di balik peragaan busana merupakan kegiatan yang membutuhkan kreativitas berbagai pihak, desainer, model, supplier produk fashion dan aksesoris pendukungnya.